Bencana alam memang sering sekali terjadi tanpa ada yang bisa menduga kapan dan dimana terjadinya. Seperti kali ini suatu bencana alam angin puting beliung terjadi melanda wilayah Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat dan juga di beberapa kawasan sekitarnya. Angin puting beliung tersebut terjadi disertai dengan hujan yang cukup deras dan juga angin kencang. Akibatnya sejumlah pohon- pohon besar tumbang dan juga mengenai rumah warga di kecamatan Pamarican.

Angin kencang yang disertai dengan hujan deras yang menyebabkan angin puting beliung tersebut terjadi pada Minggu 18 Maret 2018. Akibatnya 3 rumah warga di dusun Lumbungsari,desa Pamarican rusak berat setelah ditiup oleh angin puting beliung tersebut yang terjadi pada sore hari.

Beruntungnya dalam peristiwa angin puting beliung tersebut tidak ada korban jiwa sama sekali. Menurut penuturan seorang warga dusun Lumbungsari, Desa Pamarican Agus Muin mengatakan jika 3 dari rumah yang rusak akibat putih beliung tersebut salah satunya adalah rumah miliki Agus. Namun  beruntungnya saat angin putih beliung tersebut terjadi Ia beserta keluarganya sempat malarikan diri keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun diperkirakan kerugian mencapai jutaan rupiah, hal ini karena banyak puing puing atap yang sudah rusak akibat jatuh tergeser dihantam oleh pohon besar yang tumbang saat angin puting beliung terjadi.

Setelah angin puting beliung berhenti dan hujan sudah mulai reda, warga beramai- ramai berkumpul melakukan evakuasi puing-puing yang berjatuhan dan juga menyelamatkan beberapa barang yang masih bisa digunakan. Selain itu warga yang tidak mengalami kerusakan pada rumahnya juga memberikan bantuan ala kadarnya kepada ketiga kepala keluarga yang mengalami rumah rusak berat akibat peristiwa bencana alam angin puting beliung tersebut.

Hingga saat ini bantuan dari pemerintah setempat masih belum diberikan, sehingga warga sangat berharap agar pemerintah setempat turun dan juga melihat kondisi pasca terjadinya bencana alam angin puting beliung tersebut dan memberikan bantuan sehingga ke tiga korban bisa kembali menempati rumahnya seperti sedia kala.

No Comments Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *