Cara memperbanyak ASI yang harus diketahui oleh para ibu menyusui. Hadirnya seorang bayi yang menjadi tanda bertambahnya anggota keluarga tentu membuat kehangatan dalam rumah tangga akan semakin terasa. Selain itu, sebagai orang tua, tentuada rasa bahagia yang tidak bisa diukir dengan kata-kata ketika hadirnya sang buah hati ini. setelah selama 9 bulan menanti kehadiran sang buah hati, maka dengan tangisan dan senyumannya, sepertinya rasa bangga dan juga terbayar sudah pengorbanan yang kita lakukan akan lunas segera. Dan setelah bayi lahir, kita hanya perlu melakukan langkah lanjutan dengan merawat sebaik mungkin.
Pentingnya Pemberian ASI Pada Sang Buah Hati

Nah, ketika sang buah hati sudah terlahir di dunia, sudah bisa dipastikan Anda sebagai ibu sangat perlu melakukan langkah strategis agar bisa mendukung daya kembang sang buah hati. Salah satu langkah terbaik yang harus dilakukan oleh ibu adalah dengan memberikan ASI ekslusif agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan juga asupan gizi. ASI sendiri adalah makanan yang dijadikan sebagai sumber asupan utama setelah bayi lahir hingga anak berusia kira-kira 2 tahun. Atau Anda bisa melakukan tambahan atau pengurangan waktu pemberian ASI sesuai kondisi tubuh sang buah hati. Pemberian asi sendiri memiliki segudang manfaat yang tentu sangat menguntungkan sang buah hati.

Karena itulah, Anda disarankan untuk memperbanyak ASI dengan cara memperbanyak ASI terbaik agar asupan yang dibutuhkan sang buah hati bisa terpenuhi dengan baik. Adapun manfaat pertama ASI bagi sang buah hati adalah bisa mendukung tumbuh kembang anak karena didalam ASI terkandung banyak nutrisi yang seimbang dan juga lengkap. Tak hanya itu saja, didalam ASI juga terkandung antibodi yang tidak bisa didapat di tempat lain, seperti susu formula atau produk tambahan lainnya. Dan yang paling penting, pemberian ASI sesuai dengan aturan juga akan menjauhkan bayi dari resiko terkena infeksi. Ya, hal ini tentu sangat penting, mengingat bahwa tubuh bayi masih rentah terhadap infeksi sehingga sangat membutuhkan perlindungan yang bagus.

Dari segi biaya, bisa dikatakan bahwa ASI adalah sumber makanan yang sangat praktis dan ekonomis. Bahkan pemberian ASI juga memberi dampak yang berkaitan dengan perkembangan psikologis sang buah hati itu sendiri. Dimana berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, pemberian ASI mampu menurunkan resiko terkena obesitas bagi sang buah hati. Ini sangat penting, mengingat bahwa obesitas sendiri mampu memicu berbagai jenis penyakit kronis yang memaitkan. Salah satunya adalah diabetes, gagal ginjal, serangan jantung dan sebagainya. Ditambah lagi, angka penderita obesitas pada anak-anak juga mengalami peningkatan yang sangat tajam beberapa tahun ini.

Walaupun seharusnya tindakan yang harus dilakukan ibu adalah memberi asupan ASI semaksimal mungkin dengan menerapkan cara memperbanyak ASI yang akurat. Sayangnya ibu masih belum terlalu peka dengan manfaat pemberian ASI ini. Karena sekarang ini tidak sedikit ibu menyusui yang tidak memberi asupan ASI kepada bayi secara tidak baik atau bahkan sama sekali tidak memberikan asupan ASI itu sendiri. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi sang bayi untuk kedepannya. Ditambah lagi sekarang ini ASI yang dikeluarkan oleh ibu menyusui juga mengalami kendala, alias tidak terlalu banyak dikeluarkan.

Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

Nah, bagi Anda yang sekarang tengah membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara terbaik untuk memperbanyak ASI, maka artikel ini sangat tepat. Karena pada pembahasan ini, ada cara alami yang bisa dicoba yang tentu aman untuk ibu dan sang buah hati nantinya. Lantas seperti apa cara memperbanyak agar ASI bisa lancar tersebut? Berikut ini ulasannya

Memberikan ASI Dengan Teratur Dan Sesering Mungkin

Cara pertama yang bisa dilakukan agar bisa memperbanyak ASI adalah dengan memberikan ASI dalam kisaran waktu yang sesering mungkin. Walaupun mungkin ketika waktunya memberikan ASI yang keluar hanya sedikit saja, tetapi disarankan untuk terus lakukan hal tersebut agar nanti produksi ASI bisa terangsang. Dan dengan begitu, jumlah dari ASI yang nanti akan keluar pasti akan mengalami peningkatan secara signifikan. Intinya, jika kamu memberikan ASI sesering mungkin pastinya produksi ASI itu sendiri akan mengalami peningkatan secara alami nantinya.

Susui Anak Dalam Waktu Yang Cukup Lama

Walaupun air susu yang keluar mungkin tidak terlalu banyak, tidak ada salahnya jika kamu memberikan sang buah hati untuk meminum ASI lebih lama. Tujuannya agar nanti kantong ASI bisa kosong dan artinya akan memberi respon pada tubuh agar mau melakukan produksi ASI lanjutan. Karena alasan ini, sudah bisa dipastikan pemberian ASI sesuai jadwal sangat tidak diperlukan. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan ASI sesuai denagn keinginan bayi. Cara memperbanyak ASI secara alami ini sendiri sudah dibuktikan ampuh untuk memperbanyak ASI yang akan keluar nantinya.

Memberikan ASI Dengan Cara Bergantian

Agar nantinya bayi tidak mudah bosan ketika pemberian ASI, tidak ada salahnya jika Anda memberikan ASI dari puting yang berbeda alias bergantian. Contohnya, jika bayi sudah bosan dengan pemberian ASI pada bagian kanan, maka Anda bisa mengganti posisi menyusui dari sebelah kiri. Dan biasanya cara yang demikian juga akan membantu bayi untuk menyesuaikan cara dirinya untuk bisa melakukan teknik menghisap yang baik. Sebenarnya, tujuan dari pemberian ASI yang seperti ini adalah agar ASI bisa dialirkan sebaik mungkin yang akhirnya membuatnya bisa diproduksi dengan cepat.

Terapi pemijatan

Terapi pemijatan juga merupakan cara terbaik agar bisa memperbanyak ASI dengan akurat. Dimana teknik pemijatan yang bisa dilakukan adalah dengan memulainya dari pangkal buah dada dengan cara menekannya dengan dua jari tangan. Selanjutnya, buat gerakan melingkar di bagian buah dada kira-kira selama 10 detik. Dan selanjutnya, Anda bisa melanjutkan teknik ini pada bagian payudara yang lainnya. Langkah berikut untuk cara memperbanyak ASI ini adalah dengan mengarahkan terapi pemijatan ini denan mengarahkan ke bagian putin dengan gerakan memutar. Dan terakhir, kepalkan tangan agar bisa memberi tekanan untuk masing-masing jari tangan.

Pompa ASI

Cara untuk memperbanyak ASI selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan teknik pompa ASI. Teknik ini bisa dilakukan ketika Anda mendapati bahwa sang buah hati sudah selesai menyusui namun saat itu ASI masih ada banyak di kantong payudara. Jika kondisi ini sering Anda alami, maka lakukan gerakan pompa ASI. Dimana teknik ini bisa dilakukan dengan memerah ASI dengan cara memompa ASI pada dua dada secara bersamaan. Terapi ini nantinya bertujuan agar bisa menstimulasikan produksi ASI

Itu tadi cara terbaik bagaimana agar bisa memperbanyak ASI dengan akurat, cepat dan juga aman bagi kesehatan ibu maupun sang buah hati. Perlu Anda ketahui bahwa cara memperbanyak ASI yang diberikan ini sudah terbukti secara medis maupun pengalaman ibu menyusui.

No Comments Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *